ciri ciri kurma sukari asli

Proses Pengolahan Kurma Ajwa

Kalau ingat bulan ramadhan pasti ingat dengan ibadah ya. Salah satu keutamaan di bulan suci ini adalah kelimpahan pahala dari semua ibadah wajib hingga Sunnah. Salah satu Sunnah yang paling mudah kita lakukan adalah memakan kurma saat buka puasa. Karena hal ini selalu Nabi Muhammad tirukan. Artinya sebagai seorang muslim mengikuti perilaku beliau adalah utama dan mendapatkan pahala. Ada berbagai jenis buah kurma yang kita kenal di Indonesia termasuk ruthob rayyan, medjool hingga ajwa. Kali ini kita akan membahas mengenai proses pengolahan kurma ajwa sebagai menu ideal di bulan ramadhan.

Mengenal Dekat Kurma Ajwa

Tahukah kita bahwa kurma ajwa sangat special secara spiritual dan kesehatan? Buah ini adalah jenis eksklusif yang berasal dari madina. Nabi Muhammad Lah yang pertama kali menanam pohon ini di kota Madinah setelah ia hijrah. Oleh karena itu orang muslim sangat menghargai jenis kurma ini. tentu saja sebagai buah special yang Rasulullah tanam sendiri memiliki keutamaan tersendiri. Selain itu buah ini merupakan masyarakat percaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Rasulullah bahkan mencontohkan dan mengajarkannya kita konsumsi di pagi hari. Berdasarkan riset, kandungan dari kurma sehat ini sangat kaya nutrisi.

Anjuran Nabi Muhammad SAW untuk mengkonsumsinya pagi hari juga memiliki alasan tersendiri. Setelah puasa panjang dari tidur, perut kita telah kosong di pagi hari. Biasanya nih makanan yang semalam kita konsumsi telah selesai melalui proses pencernaan. Makanya di pagi hari tubuh biasanya mengeluarkan sisa proses tersebut lewat kencing dan feses. Nah dalam kondisi ini tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang mudah terserap. Tujuannya agar bisa memulihkan tenaga secepat mungkin. Kurma ajwa mengandung gula sederhana yang kita sebut fruktosa. Jenis gula inilah yang memberikan rasa manis dari kurma. Selain itu strukturnya yang sederhana mudah terserap oleh tubuh. Kita bahkan bisa mengolahnya menjadi beberapa kudapan enak seperti smoothies. Soal rasanya yang khas tidak perlu kita ragukan enaknya. Proses pengolahan kurma ajwa paling sederhana cukup dengan memisahkan bijinya saja sebelum kita makan. Cukup mengkonsumsi 1-3 biji saja, senyawa fruktosanya akan langsung membantu tubuh berstamina kembali untuk melakukan rutinitas. Kalo dulu kita harus nunggu musim haji untuk bisa menikmatinya ya. Untungnya saat ini kabira food telah hadir. Kita bisa belanja aneka kurma di sini setiap saat.

Keistimewaan kurma ajwa

  1. Kita menyebutnya kurma nabi karena Nabi Muhammad Saw lah yang menanamnya pertama kali.  Selain itu jenis kurma ini adalah favorit Rasulullah. Sehingga nilai spiritual dari kurma ajwa sangatlah tinggi. Siapapun yang mengkonsumsinya sambal mengingat dan bersholawat pada nabi akan mendapatkan kelimpahan berkah.
  2. Sebagai makanan sehat. Permintaan buah kurma selama beberapa dekade ini terus mengalami peningkatan. Berbagai riset telah berhasil membuktikan manfaat luar biasa dari kurma. Misalnya saja untuk mengganti gula. Mungkin  kita sudah sering melihat para influencer kesehatan atau gym menggunakan selai kurma sebagai pemanis. Mereka meyakini bahwa rasa manis alami dari kurma ajwa sangatlah bagus untuk tubuh. Selain itu kurma ajwa mengandung antioksidan yang tinggi loh. Hidup di dunia modern dengan paparan polusi, radiasi hingga junk food membuat tubuh kita terpapar senyawa beracun. Proses pengolahan kurma ajwa menjadi makanan jadi bahwa tidak mengurangi kadar antioksidannya. Artinya dengan mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup senyawa beracun dalam tubuh dapat ternetralisir oleh antioksidan.
  3. Kaya mineral. Salah satu mineral penting di dalam kurma ajwa adalah kalium dan magnesium. Kedua senyawa ini berkontribusi aktif dalam proses kerja jantung. Artinya jika mineral ini kurang di dalam tubuh maka kerja jantung akan jadi berat. Oleh karena itu untuk menjaga kinerja jantung tetap stabil maka mengkonsumsi kurma ajwa sangat kita sarankan. Selain itu ada vitamin B kompleks juga loh. Vitamin membantu pemeliharaan saraf kita. Saraf yang terawat akan menjauhkan kita dari rasa kram, kesemutan hingga mati rasa. Dengan demikian manfaat kurma ajwa sangat besar untuk kesehatan. Maka tidak heran jika kita menyebutnya sebagai super food. Bingung mau beli dimana superfood berkualitas ini? yuk ke kabira food aja.

Proses Pengolahan Kurma Ajwa

Untuk bisa menikmati kurma ajwa dengan santi di bulan Ramadhan dengan keluarga tercinta, ternyata ada proses panjangnya loh.

  1. Waktu panen. Kurma ajwa bisa kita panen di usia 7-8 bulan setelah penyerbukan. Dengan telaten petani akan mengobservasi perubahan dari buah kurma tersebut. mulai dari warna buah muda yang hijau jadi coklat keemasan saat matang. Waktu panen berperan besar terhadap kualitas kurma. Kita perlu pengetahuan yang memadai untuk bisa memanennya tepat waktu. Jika terlalu cepat kita panen maka rasa manisnya akan berkurang. Namun jika terlalu matang, resiko kebusukan bisa terjadi. Maka waktu yang tepat kita panen kurma ajwa adalah dengan memastikan warnanya coklat tua dan saat kita pencet masih kenyal.
  2. Saat panen kita harus menggunakan tangga panjang atau alat panen khusus. Proses pemotongan tandangnya pun harus hati=hati agar pertumbuhan pohon tetap stabil. Selanjutnya kurma akan kita pisahkan dari tandannya.
  3. Proses penyortiran berdasarkan kriteria tertentu. Kita bisa memisahkannya berdasarkan ukuran, waran dan tingkat kematangannya. Dalam proses sortasi tersebut kurma juga perlu kita pisahkan dari berbagai benda asing seperti debu atau kotoran yang menempel. Nah proses ini biasanya menggunakan air yang mengalir agar lebih bersih.
  4. Sebelum proses pengiriman baik regional maupun internasional, maka kurma tersebut harus kita packing dulu agar tahan lebih lama. Wadahnya bermacam-macam. Kita bisa menggunakan kotak plastik, kantong atau wadah kedap udara. Pastikan memberi label untuk informasi produk ya. Proses pengolahan kurma ajwa ini tentu memiliki standarisasi agar kualitasnya tetap terjaga. Pastikan untuk mendapatkan kurma ajwa terbaik hanya di kabira food saja ya.

Pengolahan Kurma Ajwa Untuk Bulan Ramadhan

  1. Smoothie kurma ajwa. Jenis makanan ini cocok sebagai pengganti es buah atau cendol ya. Variasi smoothie kurma ajwa menjadi variasi makanan sehat untuk menu berbuka puasa. Pertama dapatkan siapkan kurma premium dari kabira food. Ambil 5 biji dan 1 pisang kita bekukan terlebih dahulu. Setelah itu proses pengolahan kurma jawa jadi smoothie cukup kita blender dengan menambahkan 1 gelas susu almond dan madu. Setelah tercampur dan halus. Smoothie telah siap untuk menu berbuka puasa
  2. Puding kerna ajwa. Siapkan susu full cream, tepung maizena, dan sedikit gula tropicana slim. Rebus semuanya hingga mengental. Masukkan 10-15 biji kurma yang telah kita potong dadu, atau jika ingin tekstur yang lebih hapus bisa kita blender dulu. Setelah mendidih dan sari kurma keluar, tuang kedalam Loyang. Masukan di lemari pendingin sambal menunggu waktu berbuka puasa.

Wah jadi ngiler ya. Satu hal yang pasti ya, dapatkan kurma ajwa terbaik hanya di kabira food saja. Informasi lengkap dapatkan di https://kabirafood.com/ atau hubungi +62 817-6926-789

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja