Kabira Food

Artikel

Artikel

Cara Menyimpan Rendang di Freezer Agar Awet

Cara Menyimpan Rendang di Freezer

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman kekayaan alam dan budaya. Masing-masing wilayah memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, terbentang banyak pulau dengan budaya dan kekayaan alam yang melimpah. Hal ini juga yang menyebabkan banyak sekali jenis makanan yang ada di Indonesia. Keanekaragaman bumbu di setiap wilayahnya menjadikan adanya perbedaan rasa di setiap tempat. Tersimpan banyak sekali jenis makanan tradisional yang dapat dinikmati. Apalagi cita rasa khas daerah menjadi salah satu daya tarik utamanya. Bukan hanya itu saja, tampilan penyajian dan penyimpanan yang unik perlu dijaga dan dilestarikan. Salah satu wilayah Indonesia yang terkenal dengan penggunaan rempah dan rasa yang kuat adalah Sumatera Barat. Bumbu dan rempah yang digunakan untuk berbagai makanan daerah ini dapat terasa dengan kuat. Salah satu makanan yang khas Sumatera Barat yang terkenal dan banyak disukai masyarakat adalah rendang.

Makanan Khas Sumatera Barat yang Mendunia

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang sarat akan makna. Mulanya rendang berasal dari kata merandang. Merandang sendiri merupakan sebuah proses dari memasak santan yang lama kelamaan akan kering. Dalam memasak pun juru masak harus mengetahui kapan menggunakan api besar dan api kecil. Hal ini yang akan menentukan hasil akhir dari rendang yang nikmat. Sebagai makanan tradisional yang penting bagi masyarakat Sumatera Barat. Posisi rendang berada pada tatanan tertinggi dari berbagai macam hidangan pada sebuah acara adat. 

Rendang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang sudah terkenal. Rasa rempah yang kaya dipadukan dengan daging yang lembut, berkolaborasi menjadi satu sajian yang nikmat. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama makanan tradisional Sumatera Barat. Rendang memiliki tampilan warna coklat kehitaman yang kaya akan bumbu dan rempah. Bahan utama dari masakan ini adalah daging. 

Daging sebagai bahan utama dari pembuatan rendang juga memiliki makna. Jadi daging dilambangkan sebagai niniak mamak dan bundo kanduang, dimana keduanya dianggap sebagai pemberi kemakmuran pada anak kemenakan. Daging adalah salah satu bahan pangan yang kaya akan nilai gizi. Mulai dari lemak, protein, mineral, dan zat-zat baik lainnya. Tingginya nilai gizi pada daging ini memiliki pengaruh terhadap kondisi fisiknya. Diantaranya adalah daging mudah rusak karena adanya mikroorganisme yang akan berkembang biak di dalamnnya. Mikroorganisme yang dapat merusak daging adalah bakteri. Oleh karena ini butuh penanganan yang baik untuk menyimpan daging agar dapat memperpanjang masa simpan.

Menyimpan Daging Rendang

Rendang yang sudah dimasak sebagian akan disimpan. Masa simpan dari daging rendang ini akan berbeda sesuai dengan bagaimana penanganan sebelumnya. Menyimpan makanan yang baik memang harus berada di suhu yang rendah. Oleh karena itu cara menyimpan rendang di freezer adalah salah satu cara yang tepat dan dapat dilakukan oleh masyarakat. Lalu bagaimana cara menyimpan daging rendang yang tepat agar masa konsumsinya dapat panjang? Anda tidak perlu khawatir, kami akan membagikan tips cara menyimpan rendang di freezer yang tepat. Yuk kita simak bersama-sama!

  1. Memastikan Bahan yang Digunakan Berkualitas dan Segar

Jika anda ingin rendang yang dimiliki awet dan tahan lama, hal utama yang mesti diperhatikan adalah pemilihan bahan-bahan diawal. Pastikan anda menggunakan santan dari kelapa tua yang segar. Serta bumbu-bumbu yang digunakan juga memiliki kualitas terbaik. Kedua hal tersebut juga ikut andil dalam mempengaruhi ketahanan dari daging rendang. Rendang yang dimasak dengan bahan-bahan berkualitas dan cara yang tepat tidak akan berubah rasanya jika disimpan di freezer. Meskipun dalam waktu yang berbulan-bulan, rendang akan tetap awet dan terasa enak. Jika anda ingin mengkonsumsinya lagi, cukup dihangatkan saja. Rendang anda akan tetap terasa enak dan nikmat saat dikonsumsi.

  1. Tutup Kedap Udara dan Bersih

Menyimpan rendang tidak boleh sembarangan. Harus diperhatikan kebersihan dan kerapatan tutup wadah yang digunakan. Perlunya tutup kedap udara sebagai cara menyimpan rendang di freezer adalah untuk menjaga kualitas dari rendang. Dengan demikian rasanya tidak akan berubah sedikitpun hingga waktu berbulan-bulan. Oleh karena itu penting sekali memastikan kebersihan dari wadah untuk menyimpan. 

  1. Jangan Masukan Rendang yang Masih Panas ke Freezer

Menyimpan rendang yang masih panas langsung ke dalam freezer akan membuat rendang cepat basi. Selain itu juga, kualitas rasa dan daging menjadi berkurang. Jadi setelah dimasak, biarkan rendang hingga suhu ruang selama beberapa saat. Setelah sudah dipastikan dingin dan tidak panas atau hangat, masukan rendang ke dalam kotak penyimpanan dan tutup yang rapat. 

  1. Menggunakan Seal Vacuum 

Bagi anda yang memiliki vacuum bisa juga digunakan sebagai cara menyimpan rendang di freezer. Penggunaan vacuum untuk menyimpan rendang dapat memperpanjang masa konsumsi rendang. Suhu rendah pada freezer dan kedap udara yang ada pada vacuum, dapat membuat rendang menjadi tahan lama.

Beberapa cara menyimpan rendang di freezer ini dapat anda lakukan, saat jumlah rendang yang dibuat dalam jumlah banyak. Selain untuk memperpanjang masa konsumsi, rendang juga akan menjadi tahan lama dalam suhu rendah. Jika ingin mengkonsumsinya kembali, cukup dipanaskan sebentar saja lalu rendang siap untuk dikonsumsi. Cara menyimpan rendang di freezer menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan sajian makanan. Apalagi memasak rendang bukan hal yang mudah, waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan cukup banyak. Jadi dengan melakukan cara menyimpan rendang di freezer dapat menjadi pilihan yang sangat tepat supaya rendang tetap awet dan tahan berhari-hari.

Tidak Perlu Repot, Sekarang Anda Bisa Pesan Rendang Premium Disini!

Saat ini masih banyak masyarakat yang ingin mengolah rendang untuk dikonsumsi. Namun tidak jarang pula ditemukan bahwa masih banyak yang kesulitan dalam mengolah rendang. Rendang merupakan makanan dengan cita rasa kenikmatan yang tinggi. Semua aspek dalam mengolah rendang sangat memerlukan perhatian lebih. Apalagi teknik memasak yang harus berjam-jam dengan tingkat api kecil dan besar yang beragam. Tidak heran jika banyak masyarakat yang merasa kesusahan untuk mengolah rendang.

Tapi saat ini anda tidak perlu khawatir lagi. Kami memberikan solusi terbaik bagi anda yang ingin menikmati rendang premium dengan cita rasa khas. Rendang premium Kabira Food adalah jawaban yang tepat. Mengapa harus rendang premium Kabira Food? Karena rendang yang ada disini menggunakan bahan-bahan utama terbaik dan berkualitas. Bumbu yang kaya akan rempah, serta daging rendang yang empuk dan nikmat menjadi salah satu daya tarik utamanya. Santan kelapa tua yang segar, dipadukan dengan bumbu rempah berkualitas akan menciptakan rasa yang luar biasa nikmat. Tersedia berbagai ukuran rendang yang dapat anda nikmati dengan mudah. Tidak perlu repot didepan kompor berjam-jam hanya untuk menikmati rendang terbaik. Cukup dengan rendang premium Kabira Food anda akan merasakan sensasi makanan yang luar biasa nikmatnya. Segera dapatkan rendang premium dari https://kabirafood.com/! Pesan sekarang juga melalui marketplace kami, maupun nomor layanan pelanggan yang tersedia. Rasakan nikmatnya rendang premium. Rancak Bana!

Keranjang Belanja